follow me on instagram @krejidrimer

23 Jan 2015

Ragam Wisata Gunung di Jawa Tengah


Merapi dari puncak Merbabu
Jawa Tengah adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya 34.548 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa.

Sabana I Merbabu
Pengertian Jawa Tengah secara geografis dan budaya kadang juga mencakup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah dikenal sebagai "jantung" budaya Jawa. Meskipun demikian di provinsi ini ada pula suku bangsa lain yang memiliki budaya yang berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan dengan Jawa Barat. Selain ada pula warga Tionghoa-Indonesia, Arab-Indonesia dan India-Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi ini. Sejak tahun 2008, provinsi Jawa Tengah memiliki hubungan kembar dengan provinsi Fujian di China. (wikipedia)

Berbicara mengenai Jawa Tengah tidak luput dari kekayaan indah panorama alamnya. Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak sekali wisata alamnya, tidak terkecuali dengan beberapa gunung yang ada di Jawa Tengah diantaranya :

Gunung Andong, Gunung Gajah, Gunung Rogojembangan, Gunung Sipandu, Gunung Tidar, Pegunungan Kapur Utara, Pegunungan Kendeng, Gunung Lasem, Gunung Lawu, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Genuk, Gunung Muria, Pegunungan Menoreh, Gunung Pojoktiga, Gunung Prahu, Pegunungan Sewu, Gunung Sindara, Gunung Slamet, Puncak Songolikur, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.


Sindoro dari puncak Sumbing

Masing masing gunung tersebut memiliki ketinggian dan karakteristik yang berbeda-beda. Kalau biasanya kita hanya tahu gunung seperti gunung Lawu, Merbabu, Sindoro, Sumbing , Merapi, dan Slamet, namun ternyata masih banyak gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah ini. Gunung yang telah saya sebutkan diatas memiliki beragam perbedaan wisatawannya, seperti untuk hiking ringan, camping, hingga untuk pendakian.  Dari kesekian gunung yang ada di Jawa Tengah Gunung Slamet-lah yang termasuk salah satu gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggiannya 3.428 mdpl.

Bagaimana ?? tertarik untuk menjelajahi wisata alam yang ada di jawa tengah ?? #VisitJawaTengah






2 comments:

Rullah said...

Kalau musim hujan gini masih mikir-mikir kalau diajak naik gunung heeee

mazz denn said...

bener banget mas, dipending dulu aja.... cuaca ektrim diatas juga gk dapet view bagus, hehehe.... salam lestari

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP